Loading

BEKAL Pemimpin: Semua Bermuara dari Niatan04 April 2022


Niatan ini berawal dari keyakinan bahwa kita bisa menjadi manfaat bagi sekitar. Tidak peduli seberapa besar manfaat itu bisa terasa, tapi saya percaya semua perlu dimulai dari perjalanan kecil hingga dapat bertemu dengan lingkungan yang sejalan dengan niatan.

Minggu pagi, seperti biasa saya memulainya dengan bersepeda. Menikmati embun sembari mengayuh kereta angin di bawah hangatnya mentari pagi. Bersepeda bagi saya bukan sekadar berkeringat dan berolahraga, tetapi juga ungkapan syukur atas nikmat yang ada.

“Tiiiing…” dering ponsel berbunyi. Pesan singkat berisi pengingat undangan Sharing Session pukul 10.00 pagi mencuat di layar ponsel saya. Agenda yang saya nantikan sejak beberapa hari lalu hanya tinggal menghitung jam.

Hari itu saya mendapat amanah mengisi sharing session secara daring dengan kelompok Silvikultur Kehutanan IPB. Kesempatan itu juga saya jadikan untuk berbagi ilmu yang didapat dari pembelajaran BEKAL Pemimpin kepada teman-teman himpunan profesi kehutanan dan mahasiswa. Ilmu yang diperoleh terlalu berharga untuk disimpan sendiri. 

Perasaan gugup yang lumrah terjadi pada siapa pun saat hendak berbicara di depan umum, sempat hinggap di kepala saya. Belum lagi bisikan-bisikan seperti “kepedean banget mau sharing ilmu, emang udah mumpuni ilmunya?,” atau “emang ada yang mau dengerin materinya? Ini materi yang perlu pendalaman loh,” itu tak ayal membuat saya minder.

Tetapi, syukurnya saya ingat persis ucapan guru sekolah yang selalu menguatkan saya di kala ketakutan bergumul di kepala: “Jangan pernah takut kalau niatnya baik.” Kalimat itu yang menyihir saya untuk mengubah sudut pandang bahwa bukan pikiran yang mengendalikan kita, tapi kita yang perlu mengendalikan pikiran.

Pada akhirnya, kalimat bisa karena terbiasa bukan bualan semata. Kita semua menyesuaikan dengan keadaan, bersyukur dengan teknologi yang bisa menjembatani persoalan sosial ini. Di tengah keterbatasan saya yang notabene bukan seorang public speaker, saya coba mencari cara agar berbagi pembelajaran ini bisa terlaksana dengan efektif.

Baca selengkapnya: Semua Bermuara dari Niatan