UpdatesNews

Acara Kelulusan BEKAL Pemimpin 2021

Pada Hari Minggu, 12 September 2021 lalu, keluarga United in Diversity dengan bangga telah melaksanakan Acara Kelulusan Program BEKAL Pemimpin 2021. Perjalanan pembelajaran ini telah berlangsung sejak April 2021 dengan 54 peserta dari beragam latar belakang sektor dan geografis yang telah dikurasi untuk menghadirkan “mikrokosmos” yang mereplika kompleksitas pengelolaan sumber daya alam Indonesia.

Dalam tiga bulan terakhir perjalanan pembelajaran mereka, peserta BEKAL Pemimpin diminta untuk mengaktualisasi kepemimpinan mereka dalam sebuah tantangan riil pengelolaan sumber daya alam Indonesia. Maka terciptalah sepuluh purwarupa yang terlahir dari kegelisahan nyata seorang pelaku sistem di dalam BEKAL Pemimpin, didukung oleh rekan-rekannya sebagai konsultan dan coach sesuai dengan keterpanggilan masing-masing. Purwarupa ini bukan saja training ground berikutnya bagi para pemimpin BEKAL, namun juga laboratorium untuk menghadirkan solusi pengelolaan sumber daya alam yang diusung bersama para pelaku sistem lintas sektor.

Acara Kelulusan ini selain untuk merayakan kelulusan angkatan 2021 yang telah berproses bersama menjadi sebuah keluarga besar, tetapi juga merupakan ajang menyampaikan kisah purwarupa yang diusung serta membangun jaringan. Dalam acara ini hadir pula beragam pemangku kepentingan yang terlibat dalam masing-masing purwarupa, keluarga besar alumni dan rekan program United in Diversity terdahulu, serta tamu-tamu terhormat yaitu Ibu Lestari Moerdijat (Wakil Ketua MPR RI), Bapak Alue Dohong (Wakil Menteri KLHK RI), dan Bapak Surya Tjandra (Wakil Menteri ATR/BPN RI) yang memberikan refleksinya terhadap ide-ide purwarupa para peserta BEKAL Pemimpin dan saling membangun jaringan untuk mengusung niatan besar pengelolaan sumber daya alam yang lebih berkeadilan, berkelanjutan, dan berkearifan lokal.

Dengan terlaksananya acara ini sebagai tonggak perjalanan kita ke depan, BEKAL Pemimpin terus teguh membawa niatan untuk menjadi secercah sinar harapan bahwa masa depan yang lebih baik sepenuhnya dapat tercapai melalui nilai-nilai gotong royong yang telah diwariskan kepada bangsa Indonesia.

Posted on 06 October 2021.