loading

MediaNews

Menengok persiapan pemerintah sambut revolusi industri 4.1

Sumber: Merdeka.com (Jumat, 2 Maret 2018)

Menteri Koordinator (Menko) Perekonomian, Darmin Nasution mengakui arus globalisasi saat ini sudah tidak bisa terbendung lagi masuk ke Indonesia. Tak hanya itu, perkembangan teknologi yang semakin canggih atau era revolusi industri 4.1, yakni menekankan pada pola ekonomi digital juga merambah masuk ke Tanah Air.

"Ini kan menghadapi industri 4.1 teknologi apa semua berkembang, kita gak bisa lagi berfikir dengan cara yang sekarang ini bertindak seperti sekarang ini," ungkap Menko Darmin, selepas melakukan rapat tertutup pembahasan persiapan workshop program diklat revolusi mental untuk implementasi industri 4.0 Indonesia, di kantornya, Jakarta Pusat, Jumat, (2/3).

Menurut dia, cara yang tepat untuk menghadapi era revolusi 4.1 tersebut adalah dengan terus belajar. Dengan begitu, masyarakat lebih efektif ketimbang menggunakan teori-teori saja.

"Nah bagaimana caranya kalau kita pakai teori gak akan berjalan caranya adalah learning proses, nah ini dia kita coba cari cara learning proses untuk membuat orang paham," imbuhnya.

Sementara itu, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Luhut Binsar Panjaitan mengatakan, sesuai arahan Presiden Joko Widodo, semua pihak harus menyatukan pikiran terlebih dahulu dalam menghadapi era revolusi 4.1
"Jadi Pak Darmin dan team work kita diperintahkan oleh pak Presiden untuk melakukan penyamaan mindset mengenai distrub teknologi," ungkap Luhut.

Ke depan kata luhut, akan dilakukan training ke beberapa pegawai seperti pejabat eselon kementerian. Dengan begitu, diharapkan untuk memiliki pemahaman yang sama melihat terjadinya perubahan-perubahan teknologi.

"Jadi dalam tim, satu minggu akan laporan dan kita tadi sepakat akan mulai, Mei Pak Darmin bilang kalau perlu April kita mulai ya," tandasnya. [Dwi Aditya Putra]

Posted on 05 March 2018.